KPI Enhancement


Pengertian KPI

    KPI (Key Performance Indicator) adalah alat atau matriks pengambilan keputusan yang berguna untuk memudahkan organisasi atau perusahaan dalam mengukur kinerja individual serta membantu mengevaluasi kinerja organisasi itu sendiri untuk mencapai tujuan visi strategi yang dimiliki.

Manfaat KPI

Berdasarkan pengertiannya, Key Performance Indicator atau KPI dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi jalannya bisnis perusahaan dan juga karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Adapun beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari adanya KPI adalah sebagai berikut.

1. Mengukur Performa
Tak hanya sebatas mengukur performa karyawan saja, Key Performance Indicator juga berfungsi untuk mengukur seberapa jauh bisnis Anda sudah berkembang. Apakah berkembang ke arah yang positif, atau bahkan sebaliknya. Dari data KPI inilah, Anda akan lebih terbantu dalam mencari solusi terkait keputusan terbaik yang harus diambil, misalnya menambah jumlah pegawai, menekan biaya operasional, dan sebagainya.

Kemudian metode evaluasi kinerja karyawan juga cukup beragam, yakni salah satunya mengukur apakah jam kerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan sudah mereka gunakan secara efektif atau tidak. Jumlah kehadiran dan ketepatan waktu pengerjaan pekerjaan juga dapat menjadi salah satu indikator dalam KPI.

2. Membuat Target Lebih Terukur
KPI dapat menjadi alat yang paling efektif untuk mengukur target agar lebih tepat sasaran. Sebagai contoh, KPI dapat menilai bahwa karyawan tim sales saat ini baru bisa mencapai 30 persen dari target penjualan yang diharapkan yaitu misalnya 35 persen.

Maka berdasarkan data yang ditampilkan oleh KPI, manajer tim sales dapat melakukan evaluasi kepada masing-masing anggota timnya untuk mencari solusi dari pencapaian target tidak sesuai dengan harapan. Setelah itu, hal ini juga akan memungkinkan manajer tersebut untuk merancang strategi baru agar masalah ini tidak terulang kembali di waktu mendatang.

3. Membantu Akuntabilitas Perusahaan
Manfaat lainnya dari KPI adalah membuat pengukuran dan evaluasi kinerja karyawan dapat terukur secara angka dan statistik. Sehingga perusahaan dapat memiliki bukti terkait pencapaian dari masing-masing karyawannya yang nantinya akan membantu perusahaan dalam mempromosikan karyawan tersebut ke jabatan yang lebih tinggi.

4. Meningkatkan Semangat Kerja
KPI memang sudah sepatutnya didistribusikan kepada semua karyawan secara jelas dan juga transparan. Hal itu dikarenakan menurut survey yang dilakukan oleh para ahli, mayoritas karyawan yang bekerja di dalam sebuah perusahaan tentunya menginginkan sikap transparansi dari atasan mengenai informasi dan data yang tertulis dalam KPI mereka. Dari transparansi data inilah, motivasi kerja karyawan akan meningkat dan tujuan perusahaan pun dapat tercapai dengan baik.